Friday, March 11, 2011

Berternak Lebah di Desa Wisata Ciburial

DESA Wisata Ciburial Anda akan menemukan seni budaya Sunda dan peternakan lebah madu. Lokasinya berada di Kampung Cikurutug, Desa Ciburial.

Desa wisata Ciburial merupakan kawasan pedesaan dimana penduduknya masih memiliki tradisi dan budaya yang relatif masih asli.

Wilayah Desa Ciburial berada di Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda (Dago Pakar) yang merupakan hutan konservasi dan memiliki tempat wisata alam yang menarik. Beberapa tempat yang dapat Anda kunjungi sekitaran Desa Wisata Ciburial adalah air terjun Curug Omas, Curug Lalay, Curug Dago, Patahan Lembang, Gua Jepang, Gua Belanda, dan beberapa prasasti bersejarah. Di tempat ini terdapat sarana bermain dan belajar untuk anak-anak, serta pelatihan khusus cara pembudidayaan lebah madu.

Bersebelahan dengan Taman Hutan Raya Djuanda, terdapat tempat yang cukup terkenal sejak zaman Belanda yaitu Maribaya. Anda perlu waktu hingga dua jam berjalan kaki dari pintu yang ada di Lembang sampai menuju pintu yang ada di Dago, maupun sebaliknya. Tantangan ini cocok untuk Anda yang menyukai alam dan senang untuk berolahraga. Tiket masuk mengunjungi Tahura Djuanda yakni Rp8.000,00 per orang.

Desa Ciburial selain merupakan daerah pertanian subur, juga memiliki panorama alam yang sangat indah namun belum banyak dijamah oleh aktivitas wisata padahal berada di kawasan destinasi wisata.

Pengembangan Desa Ciburial sebagai desa agro-ekowisata yang berbasis Community Development, artinya para petani akan menjadi pelaku usaha wisata setelah melalui proses pengembangan kompetensi kebudayaan.

Quoted from :http://travel.okezone.com/read/2011/03/09/407/433217/berternak-lebah-di-desa-wisata-ciburial

No comments:

Post a Comment